Angry Birds JAPAN NEWS: JKT48: Official Sister AKB48 dan Budaya Kontemporer Indonesia

Minggu, 15 Januari 2012

JKT48: Official Sister AKB48 dan Budaya Kontemporer Indonesia


JKT48 budaya kontemporer indonesia official sister AKB48
Photo by: JKT48.Com
JKT48…aih..siapa yang tak kenal JKT48 sekarang. Yah, walaupun banyak kesalahkaprahan informasi tentang JKT48 [1], paling tidak kalian tentu sudah pernah nonton iklan produk iklan (CM, TVC) minuman asal Jepang [2]. Sungguh, dulu aku sangka bintang iklannya AKB48, karena lagunya merupakan salah satu lagu AKB48 yang populer, Heavy Rotation [3] [4] [5]. Eh…ternyata yang membintangi JKT48, yang merupakan first overseas official sister AKB48 [6].
Menjadi first overseas official sister menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia. AKB48 merupakan brand terkenal, bukan hanya di Jepang, tapi dunia. Apalagi, JKT48 official sister AKB48 bukan hanya sekedar franchise ataupun licensed seperti Indonesian Idol. JKT48 langsung berada dalam satu atap kemanajemenan dan satu produser yang sama dengan AKB48 [7].
Dengan adanya saudara AKB48 yang berpusat di Jakarta, kini Indonesia harus bersiap dengan datangnya tsunami pop culture Jepang. Hallyu Wave [8] telah berlalu :D . Setelah anime, manga, dan juga games dengan budaya pengikutnya seperti cosplay, kini fenomena Japanese Idol [9] telah datang. AKB48 merupakan sebuah group idol, jadi bukan sekedar girl band. Singkatnya, group idol menurut konsep jepang ialah sekelompok anak muda yang dibina dan diasah bakatnya, baik dalam bidang menyanyi, menari, akting, sampai tingkah laku sehari-hari untuk menjadi idola [10].
Sadar gak sih kalau sebuah produk itu tidak hanya berdiri sendiri. Contohnya: anime. Anime bukan hanya sekedar animation saja, tapi juga membawa produk pengikut seperti musik (dalam hal ini J-pop), manga yang menjadi sumber cerita anime, cosplay, action figure, dan lain-lain. Jadi hanya dengan satu produk, Jepang bisa memasarkan produk lainnya! Lalu apa dampak positif bagi Indonesia. CHIC:ID. Ternyata tidak hanya sebagai negara konsumen yang hanya menghasilkan para otaku, Indonesia bisa mengekspor balik atau paling tidak melahirkan orang-orang kreatif yang terinspirasi gejolak salah satu produk pop culture ini. Contoh: ternyata banyak orang Indonesia yang membuat cosplay, dan salah satu pasarnya Jepang! Sudah banyak mangaka yang lahir, contoh Vivian Wijaya [11], dan banyak juga animator Indonesia yang terinspirasi oleh anime. Dengan datangnya Japanese pop culture, budaya kontemporer Indonesia pun berkembang, dan menjadi lahan ekonomi baru.
Lalu, apa yang kita dapat dengan adanya JKT48 sebagai official sister AKB48? Aki-P, produser yang membidani sudah menegaskan bahwa JKT48 menjadi jembatan budaya antara jepang dan Indonesia [12]. Dengan demikian, terdapat dua karakter yang diperankan JKT48. Karakter Jepang, setidaknya akan nampak dalam Japanese fashion style yang tentunya disesuaikan dengan kekonservatifan Indonesia, dan kedisiplinan, serta keahlian manajemen dunia entertaintment yang juga akan berdampak positif bagi perkembangan industry fashion dan entertainment di Indonesia.
Karakter lokal Indonesia akan tampak dalam adaptasi budaya Jepang ke Indonesia. Dalam adaptasi, tentu saja budaya terutama budaya kontemporer Indonesia menjadi lebih terkenal. Yang jelas bahasa Indonesia (lagu heavy rotation sudah dibuat versi Indonesia dengan lirik bahasa Indonesia) [13]. Mungkin saja tarian/dance JKT48 nantinya akan mengadopsi tari tradisional dan modern Indonesia. Bahkan bila JKT48 dibuatkan sinetron, dan disiarkan juga di luar negeri (setidaknya jepang, dan nanti pasti akan merembet ke seluruh dunia lewat YouTube), sektor pariwisata, budaya, dan kuliner Indonesia akan semakin dekat di hati orang di seluruh dunia. Kok wisata, budaya dan kuliner? La iya to, pasti orang-orang akan bertanya, scene itu lokasinya di mana? Makanan apa yang dimakan di sinetron itu?
Lihat saja dengan dorama, orang jadi bisa lebih dekat dengan budaya jepang, seperti ternyata untuk memanggil seseorang dengan nama panggilan saja, harus minta ijin dulu. Dengan adanya adegan makan, kita jadi kenal sushi, bento, dan lain-lain. Kalau sekarang orang Indonesia suka bilang “ganbatte” atau “kawai”, bukan gak mungkin orang jepang akan ngomong “ayo semangat” atau “cantiknya”, “indahnya”, “enak banget”, “lu”, “gue”, sampai dengan bahasa gaul. Bahkan juga mungkin hip-hop jawa-nya marzuki, distro ala Indonesia, pit duwur, dan lain-lain :D . Jadi, mari kita apresiasi kedatangan JKT48. Semoga dengan adanya JKT48, budaya kontemporer Indonesia menjadi semakin maju. Acara TV, sinetron, dan dunia musik Indonesia semakin bermutu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pasang Kode Iklan sobat yg berukuran 120 x 600 disini!!!